Sunday, July 13, 2014

Jembatan Lama Kota Kediri


Jembatan ini menggunakan konstruksi besi yang dibangun di atas tiang sekrup yang dipasang di dalam sungai. Jembatan di atas Kali Brantas di Kediri adalah jembatan besi yang pertama di Jawa dan dianggap sebagai adikarya zamannya oleh seorang insinyur bernama Sytze Westerbaan Muurling
Sangat dimaklumi sebagai penghubung wilayah barat dan timur Kota Kediri jembatan ini sangat diperlukan. Sebab hanya jembatan ini lah yang sebagai penghubung wilayah Madiun dan Surabaya di kala itu. 
Secara fisik masih dapat dilihat sisa-sisa  ‘masa lalu’  yang tertinggal pada Jembatan Lama, misalnya pagar pembatas jembatan dan trotoar jembatan serta lampu-lampu hias di kanan kiri jembatan. Selain itu kawasan pertokoan Kediri lama sepanjang jalan Yos Sudarso yang ada di bagian timur selatan jembatan dan bangunan kuno di bagian barat jembatan, seperti kantor Polwil Kediri dan sekitarnya, seolah menjadi ikut mendukung ketua-an Jembatan Lama ini. Disamping  itu jembatan ini juga telah mengalami beberapa kali peninggian. Ini terlihat kondisi jalan yang meninggi dari arah timur. Hal ini karena jembatan lama ini sering kali tenggelam bila sungai Brantas meluap akibat hujan deras.
jembatan lama kota kediri


No comments:

Post a Comment

Popular Posts